Cara Membuat E-mail
Email adalah singkatan dari Electronic Mail dan kalau di bahasa indonesianya adalah Surat Elektronik.Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Intenet, dengan Email kita hanya membutukan beberapa menit agar surat/pesan kita sampai tujuan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat/pesan biasa(pos) dan dengan email isi surat/pesan dapat kita isi dengan konten gambar/suara dan vidio, email bukan hanya untuk mengirim surat/pesan,jaman sekarang apa-apa yang berhubungan internet seperti mendaftar Facebook,twitter,blogger dan lain-lain pasti memerlukan email utuk mendaftar.
Email mulai di pakai pada tahun 1960-an, dan Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum.(sumber wikipedia.org)
Syarat mengirim surat/pesan dengan email :
1.anda(Pengirim) dan dia(penerima) harus memiliki alamat email.untuk memiliki alamat email anda harus mendaftar di penyedia layana email seperti: yahoo,hotmail,gmail dan lain-lain.Contoh alamat email: namaanda@yahoo.com,cara membacanya adalah "nama anda at yahoo dot com.layanan penyedia email ada banyak sekali di internet tapi yang paling populer adalah Hotmail.com,yahoo.com,dan gmail.com
4. Selanjutnya tinggal klik Continue, dan akan keluar gambar seperti dibawah ini.
Cara Membuat Email di Gmail ( Google
Mail )
Bagaimana cara membuat Email ?!.
Email atau Electronic Mail merupakan sebuah media komunikasi elektronik yang
bisa memudahkan kita untuk mengirimkan teks, gambar, file atau apa saja melalui
internet.
Untuk memiliki sebuah alamat email,
sebenernya tidak sulit bahkan gratis. Namun tetap saja, tidak sedikit orang –
orang yang memang belum begitu mengetahui tentang cara membuat email. Oleh
karena itu, pada kesempatan kali ini, indotutsplus akan menulis tentang cara
membuat email gratis di Gmail ( Google Mail ).
Sebenernya banyak sekali diluaran
sana jasa penyedia email gratis selain google ini. Tapi, untuk saat ini,
indotutsplus hanya akan membahas cara bikin email di Gmail.
Panduan Cara Membuat Email di Gmail.
1. Langkah pertama, silahkan kunjungi mail.google.com. Maka
akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini
2. Klik pada tombol yang ada tulisan
“Buat Akun”
3. Selanjutnya, akan muncul halaman
baru untuk registrasi email. Disana ada beberapa form yang harus diisi,
silahkan isi form tersebut sesuai dengan data yang anda miliki. Jika bingung
cara pengisiannya, silahkan simak petunjuk di bawah ini :
Catatan : Khusus pada kolom Alamat
email anda saat ini, silahkan ganti dengan alamat email anda sebelumnya,
jika memang anda sudah pernah memiliki alamat email. Jika belum isi saja
seperti contoh diatas.
4. Setelah semua form diisi,
selanjutnya klik Langkah berikutnya
5. Maka akan muncul sebuah halaman
baru. Di halaman ini, anda bisa menambahkan foto profile. Namun kita lewati
saja dulu itu, langsung klik aja langkah berikutnya
6. Kemudian di halaman berikutnya,
klik lanjutkan ke gmail
7. Nah, sekarang anda berada di
halaman dashboard akun gmail anda. Sampai dengan langkah ini, akun email anda
sudah aktif dan selesai. Selanjutnya, silahkan mulai menggunakan account email
baru anda tersebut.
8. Terakhir, setelah anda selesai
menggunakan akun email anda di gmail, jangan lupa untuk selalu logout. Caranya
bisa diliat pada gambar di bawah ini.
Sebelum lebih jauh membaca panduan cara membuat email ada
baiknya sobat paham dulu apakah email tersebut, Email itu dalam bahasa inggris
kependekan dari Elecronic Mail, atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan
dengan Surat Elektronik. ada beberapa Layanan untuk mendapatkan email secara
gratis, diantaranya Yahoo, Gmail, dll. email itu sendiri sangat banyak
fungsinya, selain untuk mengirim pesan, email juga berfungsi untuk verifikasi
disaat kita membuat akun akun dibeberapa jejaring sosial, bahkan saat ini hampir
semua segmen di internet membutuhkan yang namanya email. sebut saja salah
satunya kegunaan email ini saat kita akan Membuat
Blog, Nah kali
ini saya akan menerangkan panduan Cara mudah membuat Email menggunakan layanan gratisan dari
Yahoo.
1. Pertama tama silahkan buka yahoomail.com pada browser sobat, jika sudah akan
keluar gambar seperti dibawah ini, silahkan sobat scrol mouse kebawah dan
temukan tulisan create new account (lihat gambar yang saya lingkari.
2.
Selanjutnya akan keluar form untuk sobat isi, silahkan sobat isi dengan lengkap
form seperti gambar dibawah ini,
3. Setelah semua data di isi dengan benar jangan lupa
masukan juga kode yang tertera, lalu klikcreate my account. bila tidak
ada kesalahan dalam pengisian form, maka akan keluar gambar seperti dibawah
ini, yang menandakan sobat berhasil membuat sebuah email Yahoo.
Kelebihan Email
1)
Mudah,karena
pengguna hanya cukup mengetik alamat yang di tuju di komputer.
2)
Cepat,karena
hanya memerlukan beberapa menit dalam proses pengiriman
3)
Murah,pengirimannya
sangat murah di bandingkan dg menggunakan pos / telpon.
4)
Multiple
send,surat dapat di kirimkankan beberapa orang sekaligus
5)
Dapat mengirimkan file dalam proses pengiriman
e-mail.
6)
Pengoperasian mudah dengan bentuk dan
ukuran yang bervariasi.
7)
Pengiriman sangat cepat.
8)
Biaya murah.
9)
Dapat mengirim ke beberapa alamat lain
sekaligus.
10)
Surat yang masuk mudah dibaca, disimpan ,
dan dicetak.
11)
Privasi terjamin yang dilindungi oleh
password
12) Dapat
mengirim file ( attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
13) Kapan saja dan dimana saja ( tidak ada
perbedaan lokasi dan waktu ).
Kekurangan Email
1)
Dalam
proses pengirimannya ,komputer dalam posisi ol / connect ke internet.
2)
Pengiriman
lampiran file hanya berwujud teks / gambar, tidak dapat mengirimkan paket / barang.
3)
Jika
tidak hati- hati bisa saja fasilitas e-mail di gunakan untuk menyebar kn virus.
4)
Pengiriman
hrs mengingat user name & password pd saat mengirimkan e-mail.
5)
Kesalahan
penulisan alamat tujuan, maka email tidak sampai tujuan.
6)
Email
di kirim sering gagal apabila, Lalulintas internet padat
7)
Koneksi
lambat
8)
Kotak
surat tujuan penuh, maka email yang datang akan terhapus
9)
Adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
10)
Rawan Penyadapan, jika password yg diketahui oleh orang lain.
11)
Kebanjiran e-mail.Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah
terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
12)
Sampah e-mail. Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang
berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
Bagaimana cara membuat Email ?!.
Email atau Electronic Mail merupakan sebuah media komunikasi elektronik yang
bisa memudahkan kita untuk mengirimkan teks, gambar, file atau apa saja melalui
internet.
Untuk memiliki sebuah alamat email,
sebenernya tidak sulit bahkan gratis. Namun tetap saja, tidak sedikit orang –
orang yang memang belum begitu mengetahui tentang cara membuat email. Oleh
karena itu, pada kesempatan kali ini, indotutsplus akan menulis tentang cara
membuat email gratis di Gmail ( Google Mail ).
Sebenernya banyak sekali diluaran
sana jasa penyedia email gratis selain google ini. Tapi, untuk saat ini,
indotutsplus hanya akan membahas cara bikin email di Gmail.
Panduan Cara Membuat Email di Gmail.
1. Langkah pertama, silahkan kunjungi mail.google.com. Maka
akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini
2. Klik pada tombol yang ada tulisan
“Buat Akun”
3. Selanjutnya, akan muncul halaman
baru untuk registrasi email. Disana ada beberapa form yang harus diisi,
silahkan isi form tersebut sesuai dengan data yang anda miliki. Jika bingung
cara pengisiannya, silahkan simak petunjuk di bawah ini :
Catatan : Khusus pada kolom Alamat
email anda saat ini, silahkan ganti dengan alamat email anda sebelumnya,
jika memang anda sudah pernah memiliki alamat email. Jika belum isi saja
seperti contoh diatas.
4. Setelah semua form diisi,
selanjutnya klik Langkah berikutnya
5. Maka akan muncul sebuah halaman
baru. Di halaman ini, anda bisa menambahkan foto profile. Namun kita lewati
saja dulu itu, langsung klik aja langkah berikutnya
6. Kemudian di halaman berikutnya,
klik lanjutkan ke gmail
7. Nah, sekarang anda berada di
halaman dashboard akun gmail anda. Sampai dengan langkah ini, akun email anda
sudah aktif dan selesai. Selanjutnya, silahkan mulai menggunakan account email
baru anda tersebut.
8. Terakhir, setelah anda selesai
menggunakan akun email anda di gmail, jangan lupa untuk selalu logout. Caranya
bisa diliat pada gambar di bawah ini.
Sebelum lebih jauh membaca panduan cara membuat email ada
baiknya sobat paham dulu apakah email tersebut, Email itu dalam bahasa inggris
kependekan dari Elecronic Mail, atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan
dengan Surat Elektronik. ada beberapa Layanan untuk mendapatkan email secara
gratis, diantaranya Yahoo, Gmail, dll. email itu sendiri sangat banyak
fungsinya, selain untuk mengirim pesan, email juga berfungsi untuk verifikasi
disaat kita membuat akun akun dibeberapa jejaring sosial, bahkan saat ini hampir
semua segmen di internet membutuhkan yang namanya email. sebut saja salah
satunya kegunaan email ini saat kita akan Membuat
Blog, Nah kali
ini saya akan menerangkan panduan Cara mudah membuat Email menggunakan layanan gratisan dari
Yahoo.
1. Pertama tama silahkan buka yahoomail.com pada browser sobat, jika sudah akan
keluar gambar seperti dibawah ini, silahkan sobat scrol mouse kebawah dan
temukan tulisan create new account (lihat gambar yang saya lingkari.
2.
Selanjutnya akan keluar form untuk sobat isi, silahkan sobat isi dengan lengkap
form seperti gambar dibawah ini,
3. Setelah semua data di isi dengan benar jangan lupa
masukan juga kode yang tertera, lalu klikcreate my account. bila tidak
ada kesalahan dalam pengisian form, maka akan keluar gambar seperti dibawah
ini, yang menandakan sobat berhasil membuat sebuah email Yahoo.
Kelebihan Email
1)
Mudah,karena
pengguna hanya cukup mengetik alamat yang di tuju di komputer.
2)
Cepat,karena
hanya memerlukan beberapa menit dalam proses pengiriman
3)
Murah,pengirimannya
sangat murah di bandingkan dg menggunakan pos / telpon.
4)
Multiple
send,surat dapat di kirimkankan beberapa orang sekaligus
5)
Dapat mengirimkan file dalam proses pengiriman
e-mail.
6)
Pengoperasian mudah dengan bentuk dan
ukuran yang bervariasi.
7)
Pengiriman sangat cepat.
8)
Biaya murah.
9)
Dapat mengirim ke beberapa alamat lain
sekaligus.
10)
Surat yang masuk mudah dibaca, disimpan ,
dan dicetak.
11)
Privasi terjamin yang dilindungi oleh
password
12) Dapat
mengirim file ( attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
13) Kapan saja dan dimana saja ( tidak ada
perbedaan lokasi dan waktu ).
Kekurangan Email
1)
Dalam
proses pengirimannya ,komputer dalam posisi ol / connect ke internet.
2)
Pengiriman
lampiran file hanya berwujud teks / gambar, tidak dapat mengirimkan paket / barang.
3)
Jika
tidak hati- hati bisa saja fasilitas e-mail di gunakan untuk menyebar kn virus.
4)
Pengiriman
hrs mengingat user name & password pd saat mengirimkan e-mail.
5)
Kesalahan
penulisan alamat tujuan, maka email tidak sampai tujuan.
6)
Email
di kirim sering gagal apabila, Lalulintas internet padat
7)
Koneksi
lambat
8)
Kotak
surat tujuan penuh, maka email yang datang akan terhapus
9)
Adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
10)
Rawan Penyadapan, jika password yg diketahui oleh orang lain.
11)
Kebanjiran e-mail.Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah
terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
12)
Sampah e-mail. Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang
berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar